logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 568

Ketua PA Banggai Hadiri Acara Prosesi Adat Mabangun Tunggul

di Banggai Lalongo

Banggai_Laut || pa-banggai.go.id

 Adat3

Padah Hari Kamis, 17 Maret 2022, Ketua Pengadilan Agama Banggai Mohamad Adam, S.H.I. menghadiri Undangan dari Bupati Banggai Laut untuk mengikuti Prosesi Adat Mabangun Tunggul yang dilaksanakan oleh Masyarakat Adat Banggai bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut. Acara yang digelar di Banggai Lalongo tersebut dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H. Ilyas, S.H. dan dihadiri oleh Tomudo Banggai, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Toko Adat, Tokoh Masyarakat, Basalo Sangkap, dan beberapa pejabat dari Kabupaten Tetangga serta masyarakat adat Banggai Laut.

Prosesi Adat Mabangun Tunggul tersebut dilaksanakan dalam rangka melestarikan adat budaya masyarakat Banggai yang merupakan warisan leluhur, yang telah dilaksanakan oleh masyarakat adat secara turun temurun, dan uniknya lagi bahwa upacara adat ini selenggarakan setiap 6 tahun, 6 bulan dan 6 hari tepat pada tanggal 15 Sya'ban.

Kegiatan Prosesi Adat Mabangun Tunggu kali mengusung tema "Ko Loyosio Noanggita, Mongkokondong Tunggul Montolutusan" yang artinya Luruskan Hati Kita, Tegakkan Tiang Persaudaraan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat adat Banggai senantiasa dapat menjaga kesucian hati untuk tetap menjalin hubungan silaturahmi dalam rangka mempererat tali persaudaraan.

Adat1  Adat4

-

-

-

-

-

-

-

-

Add comment


Security code
Refresh

cctv