PENGADAAN BARANG DAN JASA
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
-
Prosedur Pengadaan
-
Mekanisme Keberatan
-
Tabel Monitoring
INFORMASI PENGADAAN BARANG/JASA
PADA PENGADILAN AGAMA BANGGAI
A.
|
PENDAHULUAN
|
|
Tata pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean goverment) adalah seluruh aspek yang terkait dengan kontrol dan pengawasan terhadap kekuasaan yang dimiliki Pemerintah dalam menjalankan fungsinya melalui instansi formal dan informal. Untuk melaksanakan prinsip Good Governance and Clean Goverment, maka instansi pemerintah (termasuk peradilan agama) harus melaksanakan prinsi-prinsip akuntabilitas dan pengelolaan sumber daya secara efisien, serta mewujudkannya dengan tindakan dan peraturan yang baik dan tidak berpihak (independent), serta menjamin terjadinya interaksi anatara pihak terkait (stakeholders) secara adil, transparan, profesional, dan akuntabel.Kebijakan umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bertujuan untuk mensinergikan ketentuan Pengadaan Barang/Jasa dengan kebijakan-kebijakan di sektor lainnya. Langkah kebijakan tersebut secara umum diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
|
B.
|
PEDOMAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH
|
|
Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bersumber pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 1.Perpres Nomor 54 Tahun 2010 2.Penjelasan Atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 3.Lampiran I - Perencanaan 4.Lampiran II - Barang 5.Lampiran III - Pekerjaan Konstruksi 6.Lampiran IV A - Jasa Konsultansi (Badan Usaha) 7.Lampiran IV B - Jasa Konsultansi (Perorangan) 8.Lampiran V - Jasa Lainnya 9.Lampiran VI - Swakelola
|
C.
|
STANDAR DOKUMEN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH
|
|
Adapun jenis dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah yang memenuhi standar sebagai mana Peraturan Kepala LKPP Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan Kesatu Atas Peraturan Kepala LKPP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Standar Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Standar Bidding Document), sebagai berikut : (Dikutip dari www.lkpp.go.id)
|
-
-
-
-
-
Mekanisme Keberatan atas Hasil Pengadaan Barang dan Jasa
- Kepada peserta lelang yang berkeberatan atas penetapan pemenang lelang diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggahan secara tertulis, selambat-lambatnya dalam waktu 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman pemenang lelang.
- Sanggahan disampaikan kepada pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang, disertai bukti-bukti terjadinya penyimpangan, dengan tembusan disampaikan sekurang-kurangnya kepada unit pengawasan internal. Sanggahan yang disampaikan kepada bukan pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang dianggap sebagai pengaduan dan tetap harus ditindaklanjuti.
- Sanggahan wajib diajukan oleh peserta lelang baik secara sendiri-sendiri maupun bersama dengan peserta lelang lain apabila telah terjadi penyimpangan prosedur yang merugikan negara dan/atau masyarakat dirugikan, meliputi:
- Panitia/pejabat pengadaan dan/atau pejabat yang berwenang menyalahgunakan wewenangnya; dan/atau
- Pelaksanaan pelelangan menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa; dan/atau
- Terjadi praktek KKN di antara peserta lelang dan/atau dengan anggota panitia/pejabat pengadaan/ pejabat yang berwenang; dan/atau
- Terdapat rekayasa pihak-pihak tertentu yang mengakibatkan pelelangan tidak adil, tidak transparan dan tidak terjadi persaingan yang sehat.
- Panitia/pejabat pengadaan sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh proses pelelangan dan hasil evaluasi yang dilakukan. Panitia/pejabat pengadaan wajib menyampaikan bahan-bahan, yang berkaitan dengan sanggahan peserta lelang yang bersangkutan baik secara tertulis maupun lisan kepada pejabat yang berwenang memberikan jawaban atas sanggahan tersebut
- Pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang memberikan jawaban tertulis selambatlambatnya dalam 5 (lima) hari kerja atas sanggahan tersebut secara proporsional sesuai dengan masalahnya dengan ketentuan sebagai berikut :
- Apabila pelaksanaan evaluasi tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa karena kesalahan atau kelalaian panitia/pejabat pengadaan, maka pejabat yang berwenang memerintahkan panitia/pejabat pengadaan melakukan evaluasi ulang;
- Apabila terbukti terjadi KKN antara pejabat yang berwenang, anggota panitia/pejabat pengadaan dengan peserta lelang tertentu yang merugikan peserta lainnya, maka diambil tindakan dengan memberhentikan pejabat/anggota panitia/pejabat pengadaan dari jabatannya dan menggugurkan penawaran peserta yang terlibat KKN tersebut. Kemudian pejabat yang berwenang mengganti panitia/ pejabat pengadaan dengan pejabat lain untuk melakukan evaluasi ulang;
- Peserta lelang yang terlibat KKN dan rekayasa sebagaimana pada butir 3).c) dan butir 3).d) dikenakan sanksi berupa pencairan jaminan penawaran dan dilarang untuk mengikuti kegiatan pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah selama 1 (satu) tahun;
- Apabila pelaksanaan pelelangan tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa, maka dilakukan pelelangan ulang dimulai dari pengumuman kembali oleh panitia/pejabat pengadaan yang baru.
- Apabila peserta lelang yang menyanggah tidak dapat menerima jawaban atas sanggahan dari pengguna barang/jasa, maka peserta lelang tersebut dapat mengajukan sanggahan banding kepada Menteri/Panglima TNI/ Kapolri/Kepala LPND/Gubernur/Bupati/Walikota/Dewan Gubernur BI/ Pimpinan BHMN/Direktur Utama BUMN/BUMD, selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya jawaban sanggahan tersebut. Sedangkan proses pengadaan dapat dilanjutkan tanpa harus menunggu hasil keputusan tersebut.
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2024 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Penambahan Nilai Gedung dan Bangunan |
1000,0 Unit, m2, Paket |
Sulteng - Banggai |
2024 |
Dalam Pelaksanaan |
|
KODE SATKER |
: |
652124 |
KEGIATAN |
: |
PENINGKATAN MANAJEMEN PERADILAN AGAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Belanja Jasa Konsultan Hukum |
300,0 JL |
Sulteng - Banggai |
2024 |
Dalam Pelaksanaan |
|
--
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2023 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Penambahan Nilai Gedung dan Bangunan |
1000,0 Unit, m2, Paket |
Sulteng - Banggai |
2023 |
Telah Dilaksanakan |
|
KODE SATKER |
: |
652124 |
KEGIATAN |
: |
PENINGKATAN MANAJEMEN PERADILAN AGAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Belanja Jasa Konsultan Hukum |
300,0 JL |
Sulteng - Banggai |
2023 |
Telah Dilaksanakan |
|
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2022 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Pengadaan Alat Pengolah Data |
2,0 Unit |
Sulteng - Banggai |
2022 |
Telah Dilaksanakan |
|
KODE SATKER |
: |
652124 |
KEGIATAN |
: |
PENINGKATAN MANAJEMEN PERADILAN AGAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Belanja Jasa Konsultan Hukum |
300,0 JL |
Sulteng - Banggai |
2022 |
Telah Dilaksanakan |
|
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2021 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
1 |
Pengadaan Alat Pengolah Data |
2,0 Unit |
Sulteng - Banggai |
2021 |
Telah Dilaksanakan |
|
KODE SATKER |
: |
652124 |
KEGIATAN |
: |
PENINGKATAN MANAJEMEN PERADILAN AGAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
TAUTAN BERKAS |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
-- |
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2018 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
NAMA SAKTER |
: |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
1 |
Pengadaan Laptop |
3 Unit |
Sulteng - Banggai |
Juli 2018 |
Telah dilaksanakan |
2 |
Pengadaan Scanner |
2 Unit |
Sulteng - Banggai |
Juli 2018
|
Telah dilaksanakan |
3 |
Monitor |
3 Unit |
Sulteng - Banggai |
Juli 2018 |
Telah dilaksanakan |
4 |
Printer Epson |
4 Unit |
Sulteng - Banggai |
Juli 2018 |
Telah dilaksanakan |
5 |
TV Sharp |
1 Unit |
Sulteng - Banggai |
Juli 2018 |
Telah dilaksanakan |
TABEL MONITORING PENGADAAN BARANG & JASA |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI
|
TAHUN ANGGARAN 2017 |
|
KODE SATKER |
: |
652123 |
NAMA SAKTER |
: |
PENGADILAN AGAMA BANGGAI |
KEGIATAN |
: |
PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN TINGKAT PERTAMA |
NO |
PAKET PEKERJAAN |
VOLUME |
LOKASI |
WAKTU PELAKSANAAN |
KETERANGAN |
1 |
Pengadaan Laptop |
1 Paket |
Sulteng - Banggai |
Bulan Juli 2017 14 Hari Kerja |
Telah dilaksanakan |
2 |
Pengadaan Meubelair |
1 Paket |
Sulteng - Banggai |
Bulan Agustus 2017 70 Hari Kerja
|
Telah dilaksanakan |