Rapat Monitoring dan Evaluasi Kesekretariatan
Banggai Laut, 26 Agustus 2024 - Pengadilan Agama Banggai mengadakan rapat monitoring dan evaluasi (monev) khusus untuk Bagian Kesekretariatan pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Rapat ini bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Banggai dan dihadiri Ketua Pengadilan Agama Banggai Y.M. Ibu Aminah Sri Astuti Handayani, S.E.I., Hakim Y.M. Bapak Syamsul Ilmi, S.H.I, M.H., Sekretaris Bapak Sabrin, S.Ag, Kasubag Umum dan Keuangan, Kasubag Kepeg. dan Ortala, Kasubag PTIP, serta Staf PTIP
Rapat monev ini dibuka oleh Kasubag Umum dan Keuangan dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Banggai, yang menekankan pentingnya evaluasi secara berkala untuk menilai kinerja, efektivitas, dan efisiensi administrasi di lingkungan pengadilan. Ketua Pengadilan menyampaikan bahwa kegiatan monev ini untuk memastikan bahwa semua program kerja dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Selama rapat, masing-masing subbagian di bawah Bagian Kesekretariatan, mempresentasikan laporan capaian kerja mereka selama bulan ini. Laporan ini mencakup pelaksanaan tugas-tugas administrasi, pengelolaan anggaran, Selain itu, rapat juga menjadi forum untuk membahas kendala yang dihadapi dan mencari solusi agar pelayanan dapat lebih optimal.
1. Bagian Umum dan Keuangan
- Pemeliharaan Gedung: Dilaporkan bahwa kegiatan pemeliharaan gedung telah berjalan sesuai dengan rencana. Namun, masih ada beberapa perbaikan yang perlu segera dilakukan
- Belanja Alat Rumah Tangga: untuk kebutuhan operasional kantor pada HUT Kemerdekaan RI 17 agustus dan HUT Mahkamah Agung telah terealisasi dengan baik.
2. Bagian Kepegawaian
- Daftar Urut Kepangkatan (DUK): Penyusunan DUK telah diselesaikan
- Daftar Absensi: Evaluasi terkait kehadiran pegawai dilaporkan kepada Hakim Tinggi PTA palu
- Revisi SK Sopir dan SK Security: Perubahan SK Sopir dan Security akan diselesaikan dalam waktu dekat yang penerbitan SK pada Tanggal 1 september 2024 . Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi tugas dan tanggung jawab.
- Kenaikan Pangkat dan Pindah Melimpah: pegawai yang memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat dan pindah melimpah telah diidentifikasi. Proses administrasi sedang dalam tahapan penyelesaian sesuai prosedur yang berlaku.
- Job Description: Revisi job description untuk beberapa posisi tengah dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi saat ini.
3. Bagian PTIP (Pengelolaan Teknologi Informasi dan Pelaporan)
- Laporan Berita di Website PA Banggai: Pembaruan informasi dan berita di website resmi PA Banggai telah dilakukan secara berkala.
- Laporan pada Aplikasi E-Monev Bappenas: Saat ini, laporan pada aplikasi E-Monev Bappenas masih dalam proses perbaikan teknis. Karena itu, laporan belum dapat diisi sampai proses perbaikan selesai dan aplikasi kembali normal.
Dengan diadakannya rapat monitoring dan evaluasi ini, Pengadilan Agama Banggai berharap dapat memperkuat komitmen semua pihak dalam menjalankan tugas secara profesional, transparan, dan akuntabel. Hasil dari rapat ini akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan strategis dan perbaikan prosedur kerja di lingkup Pengadilan Agama Banggai.