Logoweb6

Written by pa-banggai. Hits: 246

Peletakan Batu Pertama Renovasi Gedung Kantor Pengadilan Agama Banggai

WhatsApp Image 2023-09-14 at 15.52.42 (1).jpeg

Banggai Laut, 13 September 2023. Hari ini, tanggal 13 September 2023, merupakan momen bersejarah bagi Pengadilan Agama Banggai. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum kepada masyarakat, Pengadilan Agama Banggai secara resmi memulai renovasi gedung kantornya dengan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya proyek renovasi. Acara peletakan batu pertama ini dihadiri oleh berbagai pihak, diantaranya Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, S.H., yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Banggai Laut, Ablit H. Ilyas, S.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu, Dr. H. Zulkarnain, S.H., Ketua DPRD Banggai Laut, Mahdiani Bukamo, S. Fil., Sekda Banggai Laut, Drs. Ruslan Tolani, Ketua Pengadilan Agama Poso, Faiz, S.H.I., M.H., Ketua Pengadilan Agama Ampana, Muh. Syarif, S.H.I., Kepala Kejari Banggai Laut, Reinhard Tololju, S.H., M.H., yang dalam hal ini diwakili oleh Burhan Labelo, S.H., Kapolsek Banggai, Kompol Frangky J. Rey, S.H., S.Pd, M.H., Danramil 1308-08/Banggai Kapten Inf Agustinus P., Kakanwil Kemenag Banggai, Riatman A. Nursin, serta seluruh unsur FORKOMPIMDA dan tamu undangan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. 

WhatsApp Image 2023-09-14 at 15.52.45.jpeg

Ketua Pengadilan Agama Banggai dalam sambutannya menyatakan, "...namun, begitu kita sudah 86 persen (tingkat kerusakan) kita ajukan, alhamdulilah, atas dukungan dari pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Palu, kami menyampaikan dokumen-dokumen dengan diteruskan kepada Mahkamah Agung, alhamdulilah kami diberikan anggaran untuk renovasi gedung." Beliau menunjukkan bahwa para pimpinan Pengadilan Agama Banggai telah berupaya maksimal untuk memperbaiki gedung kantor yang cukup tidak aman bagi para aparatur pengadilan maupun bagi masyarakat pencari keadilan. Beliau dalam sambutannya menambahkan bahwa renovasi gedung ini diperkirakan selesai pada tahun 2024 mendatang. Renovasi gedung ini juga merupakan bukti komitmen Pengadilan Agama Banggai untuk memberikan pelayanan hukum yang lebih baik kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2023-09-14 at 15.52.43 (1).jpeg

Selanjutnya, Wakil Bupati Banggai Laut dalam kata sambutannya beliau menyampaikan, "Peletakan batu pertama ini merupakan rangkaian awal dalam membangun kembali kantor Pengadilan Agama Banggai. Sehingga selain pelayanan yang baik, sarana dan prasarananya akan semakin bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Banggai Laut." Beliau menambahkan bahwa dengan renovasi gedung kantor Pengadilan Agama Banggai yang segera dilaksanakan pada tahun ini, diharapkan akan menjadi ikon dan pusat pelayanan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mereka. Dengan demikian, Pemerintah Daerah Banggai Laut mendukung penuh pelaksanaan renovasi gedung kantor Pengadilan Agama Banggai.

WhatsApp Image 2023-09-14 at 15.52.44.jpeg

Sambutan terakhir adalah dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu yang pertama-tama menginformasikan bahwa pada tahun 2023 ini, Mahkamah Agung telah membuka formasi CPNS sebanyak kurang lebih 1600an formasi. Beliau mengharapkan bersama Wakil Bupati Banggai Laut untuk mendorong generasi muda dan putra putri Banggai Laut agar mengikuti seleksi penerimaan CPNS Mahkamah Agung 2023. Tidak hanya melalui dari penerimaan CPNS saja, namun Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. menyampaikan bahwa peluang untuk mengabdikan diri sebagai ASN juga dapat ditempuh melalui permohonan perpindahan pegawai dari instansi daerah ke instansi pusat. Kerjasama, koordinasi, dan komunikasi dengan pemerintah daerah setempat merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh agar mengisi kekurangan pegawai Mahkamah Agung. Diakhir sambutan beliau menyatakan,"Jadi, mohon diperhatikan (pelaksanaan pembangunan), karna nanti akan ada pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Palu akan mengawasi supaya pembangunan ini sesuai dengan apa yang kita rencanakan."

WhatsApp Image 2023-09-14 at 16.09.10.jpeg

Sesi selanjutnya adalah peletakan batu pertama yang akan dilakukan pertama oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu, kemudian kedua oleh Wakil Bupati Banggai Laut, kemudian oleh Ketua DPRD Banggai Laut, dan yang terakhir oleh Ketua Pengadilan Agama Banggai. Setelah dilaksanakan prosesi peletekan batu pertama, kegiatan ini tiba pada penghujung acara, yakni penyerahan cindera mata dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu kepada Wakil Bupati Banggai Laut. Penyerahan cindera mata ini juga menunjukkan kebersamaan dan atmosfer kekeluargaan dari Pengadilan Tinggi Agama Palu dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut.

WhatsApp Image 2023-09-14 at 15.52.42.jpeg

Add comment


Security code
Refresh

cctv