logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 21

Bimbingan Teknis Untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Teknis Di Lingkungan Peradilan Agama

 

WhatsApp Image 2023 01 20 at 10.11.45

 

Banggai_laut || pa-banggai.go.id

Jumat (20/1/2023), Wakil Ketua Pengadilan Agama Banggai Aminah Sri Astuti Handayani Syarifuddin, S.E.I. dan aparatur di Pengadilan Agama Banggai kegiatan bimbingan teknis yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang dilaksanakan secara daring. Selain melalui zoom meeting, kegiatan ini pun dapat disaksikan pada youtube channel Badilag.

WhatsApp Image 2023 01 20 at 10.11.45 1

 

Kegiatan ini terasa spesial karena dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.,. Ketua Mahkamah Agung menyampaikan apresiasinya karena Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama berinisiatif dengan menyelenggarakan bimbingan teknis secara daring. Beliau menyampaikan program prioritas untuk Badan Peradilan Agama diantaranya, Penguatan kelembagaan dimana eksistensi Pengadilan Agama saat ini semakin menguat dengan badan peradilan lainnya, sehingga ekspektasi masyarakat semakin besar. Dari aspek tersebut maka Hakim- hakim yang berada pada peradilan agama harus lebih peka, hal ini dapat dilaksanakan dengan memperhatikan perkara mediasi dan eksekusi. Dalam hal eksekusi ada putusan tapi tidak dapat dilaksanakan secara percuma, mengingat risalah umar “Harus berinovasi agar dapat dilaksanakan” selain itu dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi eksekusi yang sudah dibuat. Selain itu Ketua Mahkamah Agung juga menyoroti mengenai gedung- gedung peradilan agama yang sudah tidak layak huni. Beliau berharap agar program renovasi dan pembangunan gedung baru dapat berjalan lancar di tahun 2023 ini.

ma1

 

Seperti diketahui saat ini hanya ada beberapa peradilan agama yang memilliki status kelas IA khusus, maka ditahun ini peningkatan kelas pengadilan agama terus diupayakan dengan melihat pertimbangan pimpinan. Kemudian yang menjadi peratian khusus adalah penguatan integritas melalui ZI WBK/ WBBM, dimana pengawasan yang prefentif dan represif. Selain peran pengawasan dari pimpinan, seluruh aparatur harus menumbuhkan sifat kejujuran dan kesadaran diri sehingga membentuk karakter manusia yang jujur. Banyak yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan karakter tersebut diantaranya dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tingkatkan ibadah.

ma2

 

Hal yang tidak kalah penting adalah peningkatan SDM, karena sejatinya SDM adalah kunci dari penguatan organisasi. Seluruh warga peradilan diharapkan untuk selalu mengasah kompetensinya dengan mengikuti pelatihan. Sedangkan untuk pimpinan harus selalu melakukan monitoring. YM Ketua Mahkamah Agung juga menyampaikan agar pengadilan tingkat banding rajin- rajin membuat forum diskusi minimal 1 kali sebulan, hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keilmuan aparatur dibawah wilayah hukum tingkat badning tersebut. Selain memperhatikan kualitas dari hakim di peradilan agama, beliau juga menyoroti mengenai kuantitas hakim di peradilan agama. Di peradilan agama banyak satuan kerja yang melakukan sidang dengan hakim tunggal. Sehingga nantinya non hakim akan diupayakan.

ma4

 

Selain hal teknis diatas penguatan dibidang teknologi informasi merupakan hal yang sangat krusial. Dunia hukum saat ini harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Mahkamah Agung RI saat ini harus berevolusi menjadi Mahkamah Agung RI peradilan yang modern. Dengan adanya teknologi informasi mampu mendongkrak kinerja suatu instansi, hal ini terbukti dengan adanya inovasi E-court dan aplikasi digital lainnya yang mempermudah layanan pengadilan. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dituntut untuk mendorong jajarannya dalam melakukan inovasi, namun inovasi ini jangan sampai melanggar hukum acara. Staf IT harus mengikuti panduan hukum materiil dan formil. Peradilan agama harus memiliki aplikasi yang sama di satuan kerjanya, untuk memudahkan sosialisasi dan pemahaman masyarakat.

ma3

Kegiatan ini ditutup dengan acara tanya jawab oleh satuan kerja dengan YM Ketua Mahkamah Agung Bapak Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.,.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

cctv