Nilai - Nilai Organisasi
Nilai-nilai organisasi Badan Peradilan Agama dan Peradilan Agama Se-Indonesia sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 3170 Tahun 2019.
Terdapat 11 nilai organisasi, yaitu:
1. Bersyukur Kepada Allah SWT (Grateful)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Berdoa sebelum memulai suatu acara sesuai dengan keyakinan masing-masing
- Sadar bahwa kehidupan segala yang kita miliki dan hasilnya adalah anugerah Allah SWT
- Menghormati dan melayani pencari keadilan dengan kesungguhan hati
- Kerukunan dalam kebersamaan, menyadari dan menghargai kemajemukan
- Tidak mudah mengeluh menghadapi tantangan dan tegar menghadapi kegagalan
- Menghargai dan melakukan tradisi yang baik
2. Pelayanan Prima (Excellent Service)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Berorientasi pada kebutuhan pencari keadilan
- Mengantisipasi kebutuhan pencari keadilan sebelum diminta
- Fleksibilitas demi pencari keadilan
3. Profesionalisme (Profesionalism)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Peka terhadap kebutuhan pencari keadilan
- Berusaha memberikan pelayanan yang melebihi harapan pencari keadilan
- Memberi pelayanan dengan cepat dan akurat
- Selalu tersenyum dalam memberikan pelayanan
- Ahli dalam bidangnya dan mengembangkan keahliannya secara terus menerus
- Memberi saran dan masukan sesuai dengan keahliannya secara proporsional
- Memberikan penghargaan terhadap ide masukan hasil karya yang bagus
- Mau belajar dari pengalaman sendiri/ orang lain
- Membantu rekan sekerja/bawahan untuk berkembang Bekerja sampai tuntas
- Melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan Bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat
- Memberikan perhatian kepada detail rinci sesuai dengan ruang lingkupnya
4. Kedisiplinan (Discipline)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Memenuhi dan memberikan apa yang dijanjikan kepada masyarakat
- Taat peraturan kerja Lembaga
- Taat waktu (waktu kerja, pertemuan, rapat)
- Taat prosedur
- Berani mengingatkan dan menegur sikap / tindakan yang tidak sesuai dengan aturan/ prosedur Lembaga
- Memberi sanksi kepada yang melanggar aturan kerja Lembaga
- Bersedia menerima sanksi jika melanggar aturan kerja lembaga Taat terhadap perintah dan arahan atasan/ pimpinan yang sesuai dengan peraturan lembaga.
5. Dapat Dipercaya dan Diandalkan (Credible)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Memiliki Integritas
- Sadar Berorganisasi
- Memiliki Loyalitas
6. Cakap Dan Terampil (Competent)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Professional
- Bekerja Cerdas Bekerjasama Untuk Hasil Terbaik
7. Keunggulan Kompetitif (Competitive)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Percaya Diri
- Kreatif
- Inovatif
- Bertindak Cepat
8. Kepedulian terhadap Sesama (Caring)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Peduli Pada Sesama
- Peduli Pada Pekerjaan
- Peduli Pada Lingkungan/ Masyarakat
9. Keterbukaan (Tranparency)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Bersedia menerima masukan/ saran/ kritik dari siapa saja terlebih dari pencari keadilan
- Dengan tulus hati memberikan masukan/ saran/ kritik kepada siapa saja yang dianggap perlu Menerima dan melaksanakan kesepakatan kelompok
- Berbagi informasi dengan rekan satu tim kerja
- Mengkomunikasikan kebutuhan harapan, masalah dan mendiskusikan kepada rekan satu tim kerja. Berkomunikasi dengan cara yang terbuka dengan tetap menjaga sopan santun dan tata krama.
10. Kebersamaan (Togetherness)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:
- Menciptakan iklim kerja yang kondusif (tidak eksklusif)
- Membantu rekan sejawat yang membutuhkan
- Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kelompok ikut serta dan atau berupaya menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kelompok kerja
- Bekerja keras namun tetap dalam iklim kerja yang menyenangkan e) Peduli terhadap kepentingan bersama
- Menghargai dan hormat kepada sesama tanpa membedakan
11. Inovasi (Innovation)
Indikator perilaku dalam nilai ini adalah dapat membuat inovasi-inovasi yang dapat menjawab kebutuhan dan harapan stakeholders.
Tujuan Dirjen Badilag, Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dari disusunnya nilai-nilai organisasi ini adalah dalam rangka meningkatkan kinerja dan mewujudkan pelayanan prima di lingkungan Dirjen Badilag dan Peradilan Agama Se-Indonesia. Pa kDirjen menghimbau kepada tiap satuan kerja memasang poster nilai-nilai organisasi pada lokasi-lokasi yang strategis dan mudah dibaca.
Harapan dari Ketua Pengadilan Agama Banggai dari adanya nilai-nilai organisasi ini adalah setiap pegawai bisa mengetahui, memahami, dan juga menerapkannya ketika bekerja.
-
-
-
-