logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 21202

BIMTEK Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2024

Tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA)

 

Bimtek Laporan Keuangan 1

 

Banggai Laut , 20 Juni 2024 – Kasubag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama (PA) Banggai serta operator menghadiri Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) Semester I Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, tanggal 20 Juni 2024.

Bimtek Laporan Keuangan 3  

BIMTEK yang diadakan di Aula KPPN Luwuk dengan agenda

  1. Sosialisasi Anti Gratifikasi
  2. Penyusunan laporan keuangan semester I TA 2024
  3. Penyelesaian rekonsiliasi keuangan
  4. Pengelolaan rekening dan retur

Bimtek laporan Keuangan 4 Bimtek laporan keuangan 5

Sosialisasi Anti Gratifikasi sebagai bagian dari upaya untuk membangun budaya integritas dan transparansi di lingkungan kerja. Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan berbagai bentuk gratifikasi, cara melaporkannya, serta dampak hukum yang dapat ditimbulkan pentingnya komitmen seluruh pegawai dalam mencegah gratifikasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas korupsi.

Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) Semester I Tahun Anggaran 2024 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penyusunan laporan keuangan yang akurat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Rekonsiliasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa catatan keuangan internal sesuai dengan catatan bank dan pihak terkait lainnya. Proses ini melibatkan pengecekan dan penyesuaian data keuangan sehingga tercipta laporan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Penyelesaian rekonsiliasi ini merupakan langkah penting dalam menjaga keandalan data keuangan dan transparansi pengelolaan anggaran.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, Kegiatan ini meliputi pemantauan dan evaluasi penggunaan rekening serta penanganan retur yang mungkin terjadi. Melalui pengelolaan yang baik, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dan memastikan bahwa setiap transaksi keuangan tercatat dengan benar. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam penyusunan laporan keuangan.

Serangkaian kegiatan tersebut menunjukkan komitmen PA Banggai dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan serta mencegah praktik gratifikasi. Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang lebih profesional dan bersih dari korupsi.

Add comment


Security code
Refresh

cctv