logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 234

Pembangunan Zona Integritas Guna Membangun Good Governance Di Pengadilan Agama Banggai

WhatsApp Image 2023 02 24 at 08.53.24

Banggai_laut || pa-banggai.go.id

Good governance adalah cita-cita yang menjadi visi setiap penyelenggaraan negara di berbagai belahan bumi, termasuk Indonesia. Secara sederhana good governance dapat diartikan sebagai prinsip dalam mengatur pemerintahan yang memumngkinkan layanan publiknya efisien, sistem pengadilannya bisa diandalkan, dan administrasinya bertanggungjawab pada publik (Mas’oed,2003:150-151).

WhatsApp Image 2023 02 24 at 08.53.21

Salah satu upaya dalam membangun good governance pada suatu instansi yaitu dengan menyelenggarakan pembangunan zona integritas. Zona integritas itu sendiri adalah sebuah konsep yang berasal dari konsep island of integrity. Island of integrity atau pulau integritas biasa digunakan oleh pemerintah maupun Lembaga Non Pemerintah (NGO) untuk menunjukkan semangatnya dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi. Terdapat dua kata kunci dalam Zona Integritas, yaitu integrity ataupun integritas dan island/zone atau pulau/kepulauan.

WhatsApp Image 2023 02 24 at 16.09.19

Pengadilan Agama Banggai sebagai suatu lembaga penyedia layanan hukum untuk masyarakat menyambut dengan semangat pembangunan zona integritas untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah  birokrasi bersih dan melayani (WBBM), hal ini seperti terlihat pada hari Jumat (24/2/2023) dan bertempat diruang media center PA Banggai dimana ketua Zona Integritas Ibu Aminah Sri Astuti Handayani Syarifuddin, SEI. yang juga merupakan wakil ketua PA Banggai mengadakan rapat zona integritas yang dihadiri oleh seluruh pegawai (hakim, struktural, fungsional, dan PPNPN).

WhatsApp Image 2023 02 24 at 16.09.22

Pada rapat kali ini beliau mengatakan bahwasanya masing- masing koorddinator wilayah harus mampu mengkoorfinir anggotanya dalam pemenuhan lembar kerja evaluasi seperti yang tertuang pada aplikasi pmpzi. Dengan adanya rapat kali ini sebagai salah satu upaya aparatur Pengadilan Agama Banggai untuk mewujudkan zona integritas dalam membangun good governance. Semoga Pengadilan Agama Banggai mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan pelayanan yang prima, efisien, berkeadilan dan tepat waktu.

Add comment


Security code
Refresh

cctv