logoweb

Rakor PTA, PA-PA Se Sulawesi Tengah Dan Pembinaan bapak Dirjen Badilag MA RI II (18/02/2020)

Ditulis oleh pa-banggai on .

  Rakor PTA, PA-PA Se Sulawesi Tengah Dan Pembinaan bapak Dirjen Badilag MA RI      

 bahan rakor1

 

Banggai_Laut | pa-banggai.go.id

Banggai (18/02/2020),Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Banggai mengikuti Rapat koordinasi Evaluasi Program kerja 2019,Percepatan  Penyelesaian Program Kerja 2020 dan pembinaan bapak Dirjen Badilag melalui Command Center.   Diikuti   pula oleh Pengadilan Agama seluruh Pengadilan Tinggi Agama Palu. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penanda tanganan Fakta Integritas bagi seluruh ketua Pengadilan Agama se Sulawesi Tengah dihadapan pimpinan Pengadilan Agama Tinggi Agama Palu.                               

Dalam kesempatan tersebut ibu DR Nurjannah  sebagai direktur  Pembinaan Administrasi Peradilan Agama  telah langsung  uji coba Command Center dan memberikan  petunjuk  berkaitan dengan diklat tanda tangan elektronik  utk Panitera, yang nantinya akan dilanjutkan bagi seluruh tenaga teknis yaitu Ketua, wakil, hakim, sekretaris,  panitera pengganti  dan juru sita. Beliau pesan agar masing-masing Pengadilan mengirim data-data tenaga teknis tersebut antara lain :

1. Copy KTP jpg,

2. NIP,

3. Email Mahkamah Agung. Go.id

4. Nomer Hp aktif.    

Bapak DR  Aco Nur sebagai bapak Dirjen Badilag telah memberi pembinaan melalui command center antara lain :                                         

1. Rakor dapat dibuka secara jarak jauh oleh Bapak Dirjen, Rakor  PTA Palu dibuka Yang ke 5 setelah PTA Surabaya aceh, manado, Bandung.                                      

2. Harus ada kerja sama dengan untuk mewujudkan command center.                           

3. Progam Badilag yang harus direspon cepat

   a. ZI (Zona Integritas) bebas dari KKN untuk mencapai  WBK dan WBBM dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawan peradilan agama.                                       

   b. Hakim tinggi pengawas untuk mensuport dan memetakan masalah dan solusi bagi  PA agar segera tercapai ZI tersebut.  

   c. Bagi yang punya prestasi 10 besar termasuk SIPP akan ditawari mutasi kemana saja.            

   d. Program kerja dengan diadakan lomba dekorum  ruang sidang dan kebersihan (K3) tingkat PTA dan Dirjen Badilag.

Dalam kesempatan tersebut bapak Dirjen mengucapkan terimakasih dan rasa bangga atas kebersihan di PTA Makasar, PA Makassar dan  PA  Takalar yang luar biasa dan dapat dibanggakan . Dalam kesempatan tersebut bapak Dirjen bicara langsung, menyampaikan selamat dan rasa bangga kepada Ketua dan Panitera PA Banggai atas prestasi-prestasinya dan diberi reward untuk bisa ujian dan dijanjikan lulus menjadi wakil di kelas 1b,Program badilag yang  utama juga e-court dan e-litigasi. Agar mempelajari Perma 15 tahun 2018  Perma nomer 1 tahun 2019 dengan 9 aplikasi yang harus dilaksanakan di setiap Pengadilan Agama  dan harus ada benner 9 aplikasi sosialiasasi agar ada gambar bapak Dirjen Badilag. MA RI, bapak DR Aco. Akan segera ada Tes secara elektronik bagi wakil kelas 1b dan kelas 2. Tes akan dilaksanakan pada Tgl 17 Maret 2020. semoga sukses. Aamiin PA Banggai. Go.id/Humas PA Banggai. Trmksh.

badilag2

 

 

 

 

 

Sidang di Luar Gedung ke III Tahun 2020 PA Banggai di Kab. Banggai Kepulauan II (13/02/2020)

Ditulis oleh pa-banggai on .

Sidang di Luar Gedung ke III Tahun 2020 PA Banggai di Kab. Banggai Kepulauan

siketyang3

 Banggai_Laut | pa-banggai.go.id

Banggai,(13/02/2020) Pengadilan Agama Banggai melaksanakan Sidang di luar gedung pengadilan ke III di kantor Urusan Agama Kec. Tinakung, Kab. Banggai Kepulauan. Sidang diluar gedung tersebut dilaksanakan oleh Ketua, seorang hakim, panitera, wakil panitera, panitera muda hukum, panitera muda permohonan dan seorang karyawan PA Banggai.

Dalam kegiatan tersebut ada 5 perkara yg dilaksanakan proses persidangan. Putus 3 perkara dan tunda 2 perkara. Ada suka dan duka dalam perjalanan menuju lokasi sidang luar gedung tersebut, perjalanan harus mengarungi lautan lepas yg ditempuh dengan naik speed dari pelabuhan Rakyat Banggai laut menuju ke pelabuhan tobing selama 1 jam. Lalu dilanjutkan jalan darat dengan naik mobil menuju kota Salakan kab. Bangai kepulauan selama 1 jam. Alhamdulillah sidang hari ini ada 3 (tiga) Perkara putus 2 (dua) perkara lainnya ditunda, sambil menunggu ada perkara baru yang masuk dan bisa kita proses dalam sidang luar gedung tersebut. Negara dalam hal ini, kekuasaan bidang yudikstif hadir untuk melayani rakyat di seluruh pelosok tanah air, terutama di Daerah terpencil, terluar dan terpinggir dengan adanya pelayanan sidang di luar gedung pengadilan ini. Sidang luar gedung banyak manfaatnya bagi masyarakat pencari keadilan terutama membantu mempermudah bagi masyarakat pencari keadilan untuk antara lain :

1. Lebih dekat dengan tempat kediaman

2. Jarak tempuh lebih dekat dan waktu lebih singkat

3. Biaya transportasi lebih murah

4. Lebih irit krn tidak keluar uang makan dan minum.

5. pelayanan prima dan maksimal, waktu pelayanan paling lama 1 jam, dan lainya.

Dalam kesempatan itu ketua Pengadilan Agama Banggai Drs. H Masngaril Kirom, S.H., M.H.E.S. sebagai ketua team mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Kepala KUA kec. Tinakung kab. Banggai Kepulauan atas perkenannya memberi izin pemakaian gedung KUA untuk menggelar sidang di luar gedung tersebut, ucapan terimakasih pula disampaikan kepada seluruh anggota tiem sidang luar gedung PA Banggai dan kepada masyarakat pencari keadilan smoga puas dan dapat terlayani dengan prima dan maksimal. PA. Banggai go.id/Humas PA Banggai Sulteng. Trmksh