logoweb

on . Dilihat: 23

Kunjungan Ketua Pengadilan Agama Banggai

Ke Kantor Bupati Kab. Banggai Kepulauan

hibah 29 08 2019

Banggai_Laut | pa-banggai.go.id

Salakan, Senin 29 Agustus 2019 Ketua Pengadilan Agama Banggai Bapak Drs. H. Masngaril Kirom, S.H., M.H.E.S. didampingi Panitera  Bapak Drs. Rusdin berkunjung ke Kantor Bupati Banggai Kepulauan dengan angenda silaturrahim dan juga koordinasi membicarakan tentang hibah tanah untuk pembangunan kantor Pengadilan Agama yang baru di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan.

"Rencana pembangunan kantor Pengadilan Agama yang baru akan dibangun sesuai dengan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 143/KMA/SK/VIII/2007 Tanggal 24 Agustus 2007, yaitu gedung prototipe untuk Pengadilan di Indonesia" Ujar Masngaril kepada Wakil Bupati Banggai Kepulauan yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Banggai Kepulauan.

Masngaril juga menuturkan tujuan dari pembangunan kantor Pengadilan Agama yang baru tersebut adalah untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan karena kondisi geografis wilayah antara Kabupaten Banggai Kepulauan dan kabupaten Banggai Laut sangat luas dan terdiri dari sekian banyak pulau. Hal tersebut membuat biaya perkara yang harus di bayar oleh para pihak menjadi mahal dan sulit dijangkau bagi masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan.

Menaggapi perihal yang disampaikan oleh Ketua PA Banggai, Pj Bupati Banggai Kepulauan mengatakan "Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan akan mensupport, terutama dari sisi penyediaan lahan, dan pemanfaatan tanah milik Pemda”. Beliau juga menambahkan "Tentunya dengan adanya Pengadilan Agama di wilayah ini nantinya akan sangat memberi kemudahan para pihak dalam berberkara di Pengadilan".

Setelah lahan tersedia, maka pihak Pengadilan Agama Banggai akan mengajukan usulan ke Mahkamah agung RI melalui Pengadilan Tinggi Agama Palu untuk perencanaan pembangunan kantor Pengadilan Agama di Kabupaten Banggai Kepulauan. (yudi)

Add comment


Security code
Refresh