Berita Internal
Mutasi ke PA Kendari, Ketua PA Banggai Diaudit
company

Banggai Laut|pa-banggai.go.id

Tepat pada hari ini jumat (16/03/2018) Pengadilan Agama Banggai kedatangan Tim dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palu yang melaksanakan audit terhadap Ketua Pengadilan Agama Banggai Kelas II, Drs. Ihsan yang akan mutasi sebagai Hakim Pengadilan Agama Kendari Kelas I A. Tim audit PTA Palu yang dipimpin oleh Dr. Hj. Aisyah Ismail, S.H., M.H. (KPTA Palu) di dampingi oleh H. Abdul Wahid, S.H. M.Hum. (Panitera), Samsidar B. Gani, S.Ag. M.M (Kabag Perencanaan dan Kepegawaian) dan Heru Dwi susanto, S.Kom., M.M. (Pranata Komputer), tiba di Pengadilan Agama Banggai Pukul 08.00 WITA. Kedatangan tim audit diterima langsung oleh Ketua PA Banggai di ruang kerjanya, didampingi Panitera dan Sekretaris PA Banggai.

Sebelum audit dilakukan tim audit mengemukakan maksud dan tujuan kedatangannya ke Pengadilan Agama Banggai untuk melakukan pemeriksaan/audit atas pertanggungjawaban Ketua PA Banggai dalam rangka serah terima jabatan karena akan di mutasi. Audit Kinerja tersebut sendiri didasarkan pada Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI. Nomor : 8 Tahun 1996 tanggal 30 Oktober 1996 tentang Pertanggung Jawaban Berkas Perkara dan Keuangan Pihak Ketiga dalam rangka Serah Terima Jabatan Ketua dan Panitera Pengadilan.

Seperti biasanya pemeriksaan ini harus dilakukan pada setiap pimpinan yang akan mutasi keluar PA Banggai. Ada dua bagian yang akan diperiksa pertama bagian kepaniteraan yang mencakup masalah perkara dan yang kedua bagian kesekretariatan mencakup keuangan dan asset kantor Pengadilan Agama Banggai.

Adapun pertanggungjawaban pada bagian kepaniteraan meliputi jumlah berkas perkara yang belum dibagi kepada majelis hakim, jumlah perkara yang sudah dibagikan kepada majelis hakim dan belum diputus dengan menyebutkan ketua majelis/hakim pemegang berkas yang bersangkutan, jumlah perkara yang telah diputus dan belum diminutasi yang masih dipegang oleh ketua majelis hakim/hakim pemegang berkas perkara, jumlah perkara banding, kasasi, dan PK yang belum dikirimkan ke Pengadilan Tingkat Banding dan Mahkamah Agung, jumlah perkara banding, kasasi, dan PK yang telah dikirimkan ke Pengadilan Tingkat Banding dan Mahkamah Agung yang belum diputus, jumlah perkara yang dikesekusi tetapi masih begantung, dan lain-lain yang bersangkutan dengan perkara yang dianggap perlu.

Pertanggungjawaban Pihak Ketiga yaitu keadaan keuangan perkara perdata, meliputi : keadaan keuangan perkara yang masih berjalan, keadaan keuangan perkara yang masih dalam upaya hukum banding, kasasi, dan PK, keadaan keuangan perkara yang telah diputus tetapi belum diberitahukan kepada pihak-pihak, keadaan perkara yang telah diputus tetapi belum sidang ikrar talak (perkara CT), sisa panjar biaya perkara yang belum dikembalikan/diambil oleh pihak Pemohon/Penggugat, keadaan keuangan perkara eksekusi, keadaan keuangan perkara PNBP/HHK.HHKL, dan keadaan keuangan biaya administrasi penyelesaian perkara dan lain-lain yang menyangkut keuangan perkara yang dianggap perlu.

Sedangkan untuk pertanggungjawaban di bagian kesekretariatan meliputi keadaan keuangan buku kas umum dan realisasi penyerapan DIPA 01 dan Dipa 04, serta daftar pinjaman kepada pihak ketiga.

Di sela-sela audit kinerja, Ketua dan Panitera PTA. Palu juga melakukan pembinaan terkait tupoksi peradilan.

Ketua PTA. Palu dalam arahannya lagi-lagi menekankan urgensi SOP (Standar Operating Procedure) dalam menyelesaikan pekerjaan dinas. Karena pengadilan agama Banggai saat ini masih kosong jabatan ketua dan wakil ketua maka pelaksana tugas dalam hal ini adalah bapak Muhamad Yahya Tadjudin, S.H.I., sesuai dengan surat penunjukan W19-A/422/KP.04.6/III/2018 tanggal 07 Maret 2018, harus dapat menggantikan posisi ketua dalam pelaksaanaan tugas atau jabatan Ketua Pengadilan Agama Banggai sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Saya yakin tidak akan ada pekerjaan yang tertunda jika SOP dijalankan sebagaimana mestinya sehingga para pencari keadilan puas dengan kinerja kita”, ujar Aisyah.

Selain itu, Panitera PTA. Palu, H. Abdul Wahid, S.H., M. Hum., juga menyampaikan tentang hasil pelaksanaan audit KPA Banggai. “Setelah memeriksa berkas perkara, keuangan perkara dan lain-lain yang menjadi materi audit hari ini, alhamdulillah tidak terdapat masalah yang berat dalam pemeriksaan data-data keuangan perkara dan yang lainnya, dengan demikian Drs. Ihsan yang nantinya akan bertugas di Pengadilan Agama Kendari tidak akan meninggalkan sesuatu masalah di Pengadilan Agama Banggai” ujarnya.

Selain pelaksanaaan Audit ketua Pengadilan Agama Banggai oleh Tim Audit dari PTA. Palu, kegiatan pada hari ini juga dirangkaikan dengan dengan acara pengatar alih tugas Ketua Pengadilan Agama Banggai menjadi Hakim Pengadilan Agama Kendari tepatnya pada siang hari setelah selesai sholat jumat.

company

Acara yang dihadiri oleh Bapak Bupati Kabupaten Banggai Laut, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut, Kepala Kementrian Agama Banggai Laut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Koramil Banggai Laut, Camat Banggai Tengah, Kepala Desa Timbong, dan Tim audit serta para pegawai Pengadilan Agama Banggai ini berlansung secara hangat, penuh rasa kekeluargaan dan persahabatan, namun tetap meriah.

Drs. Ihsan dalam kesan dan pesannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh aparatur di PA Banggai karena kerjasama yang terjalin baik sehingga selalu mendapatkan prestasi dalam segala bidang. Selain itu, beliau juga menitipkan agar kemajuan yang sudah ada dapat ditingkatkan dan dipertahankan. Permohonan maaf juga ia sampaikan atas segala kekhilafan dan kesalahan selama bekerja sama serta bergaul dalam lingkungan Pengadilan Agama Banggai.

company

Samsudin Djaki, S.H., didaulat mewakili seluruh pegawai Pengadilan Agama Banggai untuk memberikan kesan pesan serta ucapan perpisahan terhadap mantan pimpinan Pengadilan Agama Banggai tersebut. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih yang sangat mendalam kepada bapak Drs. Ihsan yang selama ini kinerja dan andilnya sangat membawa perubahan yang sangat baik bagi PA Banggai. Kedisiplinan yang tinggi di tambah dengan semangat kerja yang gigih serta bimbingannya pula membuat PA Banggai banyak meraih penghargaan selama dalam masa jabatannya. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf dan mendoakan semoga amanah dan sukses selalu di satker tempat bertugas yang baru.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dan kenang-kenangan kepada mantan Ketua Pengadilan Agama Banggai yang di mulai dari KPTA Palu, Bupati Banggai Laut dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Banggai dan juga tamu yang hadir lainnya dan diakhiri dengan foto bersama.

Alhamdulillah pemeriksaan/audit yang lanjutkan dengan acara pengantar alih tugas yang dilaksanakan dalam waktu sehari tersebut berjalan lancar dan dapat berjalan dengan baik. Dan tentuanya mantan Ketua PA Banggai (Drs. Ihsan) merasa lebih nyaman dan tenang untuk meninggalkan PA Banggai nantinya. Terima kasih atas segala kebaikan dan kerjasama selama ini, semoga selalu sukses di tempat yang baru, serta senantiasa mendapat limpahan Rahmat dan Karunia dari Allah SWT, Amin. (antohar)

company company company company

>>> Dokumentasi Kegiatan Audit KPA. Banggai oleh KPTA. Palu <<<