logoweb

on . Hits: 26

Bincang Virtual Bersama  Pimpinan & Redaktur Majalah Peradilan Agama

jumat1

Banggai_Laut ll pa.banggai.go.id

Banggai, ( 26/06/2020 ) Pengadilan Agama Banggai Mengikuti Bincang Virtual Bersama Pimpinan dan Redaktur Majalah Peradilan Agama menyelenggarakan sebuah kegiatan Webinar yakni Bincang Virtual Bersama Redaktur Majalah Peradilan Agama dengan tema “Kiat Menulis Berkualitas”. Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan live streaming melalui Youtube dengan menghadirkan 314 peserta yang merupakan Hakim Pengadilan Agama dengan 11 pembicara dari Redaktur Majalah Peradilan Agama.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Dirjen Badilag, Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Di samping membuka kegiatan, beliau juga menjadi Keynote Speaker yang dalam penyampaiannya Bapak Dirjen sangat bersemangat dan tentunya memberikan semangat kepada para Hakim Peradilan Agama khususnya kepada Hakim Muda untuk menunjukkan kualitas sebagai seorang Hakim dalam membuat putusan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pelayanan kepada para pencari keadilan. Tidak lupa dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa Ditjen BADILAG telah meluncurkan 11 aplikasi yang menunjang pelayanan Peradilan Agama baik dari aspek internal Pengadilan Agama sebagai badan peradilan maupun aspek eksternal untuk para pencari keadilan yang memiliki kepentingan untuk diberikan pelayanan secara maksimal sesuai motto Ditjen BADILAG ”Service Excellent”. 11 Aplikasi yang diluncurkan merupakan wujud nyata dari respon BADILAG terhadap tantangan perkembangan teknologi informasi di era industry 4.0 dan juga dengan adanya pandemi COVID-19, Badilag telah menunjukkan komitmen dengan menghadirkan 11 aplikasi tersebut sebagai bagian dari inovasi-inovasi di bidang teknologi informasi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada para pencari keadilan.

Bapak Dirjen selanjutnya menyatakan pentingnya Manajemen Kepemimpinan (leadership) dalam merespon 11 aplikasi tersebut untuk diterapkan pada kantor pengadilan di masing-masing tempat seorang Hakim bertugas di samping penilaian kinerja terkait pengelolaan SIPP, ODM, ODP, PTSP, Penilaian Kinerja Triwulan, Dekorum, K3, APM, PMPRB dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM. Dalam pada itu, dibutuhkan konsep kepemimpinan 4K (Komitmen Komunikasi, Koordinasi dan Kerjasama) yang mampu menggerakkan seluruh aparatur pengadilan untuk bersama-sama merespon kebijakan Dirjen BADILAG dan membangun Peradilan Agama menjadi Badan Peradilan yang Agung.

Setelah dibuka secara resmi oleh Dirjen BADILAG, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari pimpinan Redaktur Majalah Peradilan Agama sekaligus Sekretaris Ditjen Badilag yaitu Bapak Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dengan memberikan arahan tekait tujuan kegiatan yang diselenggarakan hari ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi oleh Para Pemateri antara lain: Achmad Cholil, S.Ag., S.H., L.L.M. (Asisten Hakim Agung) dengan judul “Teknik Memilih Tema dan Laporan Utama, serta Karya Ilmiah”, Rahmat Arijaya, S.Ag., M.Ag. (Ketua PA Pasir Pangaraian) dengan judul “Pengelolaan Publikasi Lembaga”, H. Ahmad Fauzi, S.H.I. (Hakim PA Kota Banjar) dengan judul “Menulis Opini”, Ade Firman Fathony, S.H.I., M.Si. (Hakim PA Gunung Sugih) dengan judul “Menulis Populer”.

Materi yang disampaikan sangat menarik dan berkualitas, terbukti dengan antusiasme para peserta untuk menggali lebih dalam terkait materi yang disampaikan pada sesi Tanya-jawab. Dengan penyampaian yang menarik dan berkualitas tersebut menjadikan kegiatan bincang virtual kali ini sangat bermanfaat bagi para peserta

jumat2jumat3

 

 

 

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh