logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 183

Ketua Pengadilan Agama Banggai Hadiri Peresmian Tugu Cardinal Fish

WhatsApp Image 2023-11-13 at 20.17.54.jpegBanggai Laut, 13 November 2023 - Pada hari ini, Ketua Pengadilan Agama Banggai, Mohamad Adam, S.H.I., turut hadir dalam acara peresmian Tugu Cardinal Fish yang berlokasi di pertigaan jalan perkantoran Kabupaten Banggai Laut. Acara peresmian ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut bekerja sama dengan Bank Sulteng Cabang Banggai Laut.

Tugu Cardinal Fish yang diresmikan oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, S.H., dan turut dihadiri pula oleh Pimpinan Cabang Bank Sulteng Cabang Banggai Laut yang pada hari ini menjadi sebuah landmark yang menghiasi pertigaan jalan strategis di wilayah perkantoran Kabupaten Banggai Laut. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh berbagai stakeholder Kabupaten Banggai Laut, termasuk Ketua Pengadilan Agama Banggai, Mohamad Adam, S.H.I., yang memberikan apresiasi terhadap karya dari pemerintah daerah dan Bank Sulteng dalam membangun fasilitas publik yang estetik dan visioner.

WhatsApp Image 2023-11-13 at 22.12.38.jpeg

Ikan kardinal Banggai merupakan ikan laut berukuran kecil dengan tulang. Spesies ini khususnya ditemukan di Kabupaten Banggai Laut, namun juga telah tersebar di luar wilayah aslinya melalui perdagangan ikan hias. Ancaman serius terhadap ikan kardinal Banggai meliputi penangkapan untuk perdagangan dan kerusakan habitat. Pada tahun 2016, NOAA Fisheries secara resmi mencatat spesies ini sebagai spesies yang terancam. Spesies ikan ini dapat dibedakan dari semua ikan kardinal lainnya melalui sirip punggung pertamanya yang berhiaskan rumbai, sirip anal dan sirip punggung kedua yang memanjang, serta sirip ekor yang bercabang dalam. Warna tubuhnya sangat mencolok dengan pola garis hitam dan terang yang kontras dengan bintik-bintik putih di atas tubuh berwarna perak. Pola titik tersebut unik untuk setiap ikan dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi spesimen. Secara umum, jantan dan betina terlihat mirip, namun rata-ratanya jantan memiliki mulut yang lebih besar dibandingkan dengan panjang tubuh mereka dan dapat dibedakan saat sedang mengerami telurnya ketika rongga mulut mereka membesar.

Add comment


Security code
Refresh

cctv