logoweb

Written by pa-banggai. Hits: 180

PA Banggai Ikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis

di Lingkungan Peradilan Agama secara Daring

wakil.jpg

Acara bimtek hari ini (30/03/2023) dimulai pada pukul 09.30 WITA yang dapat dilakukan di Ruang Media Center masing-masing satuan kerja, salah satunya di Media Center Pengadilan Agama Banggai yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Banggai, Ibu Aminah Sri Astuti H. S., S.E.I., Plt. Panitera, Ibu Maswati Masruni, S.H., dan Panmud Hukum, Bapak Muhammad Saleh, S.H.I. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menyelenggarkan bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga teknis di lingkungan peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial terutama mengenai implementasi surat edaran kamar agama kaitannya dengan putusan yang diajukan kasasi dan peninjauan kembali. Narasumber yang memberikan bimbingan teknis ini adalah Yang Mulia Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M.

Screenshot 2023-03-30 150114.jpg

Beliau memberkan beberapa arahan terkait teknis yustisial dan rumusan kamar agama sesuai dengan SEMA Nomor 1 Tahun 2022, yakni beberapa hal sebagai berikut:

  1. Hukum Perkawinan: menjamin terwujudnya asas kepentingan terbaik bagi anak dalam perkara harta bersama dan pemenuhan prinsip mempersukar perceraian;
  2. Hukum Kewarisan: Baznas atau Baitul Mal dapat mengajukan diri sebagai pengelola harta waris untuk kepentingan sosial apabila pewaris tidak mempunyai ahli waris;
  3. Hukum Jinayat: Setiap orang yang telah bertindak sebagai pendamping Anak korban di depan sidang pengadilan , tidak boleh lagi bertindak sebagai saksi dalam perkara tersebut.

hasbi.jpg

Selain bimbingan teknis dari Ketua Kamar Agama, kegiatan kali ini juga dihadiri oleh Plt. Dirjen Badilag, Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H., yang juga sebagai Sekretaris MA, memberikan beberapa patah kata untuk menigkatkan semangat tenaga teknis di lingkungan peradilan agama.

Add comment


Security code
Refresh

cctv